Skip to main content
Business Model Canvas Setelah mengikuti pembelajaran, UC-Onliners bisa memahami dan menggunakan Business Model Canvas untuk merencanakan dan membangun sebuah bisnis model

Deskripsi

Memiliki usaha sendiri yang sukses tentunya merupakan hal yang diidamkan oleh banyak orang. Sayangnya membuat suatu usaha menjadi sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek dalam sebuah bisnis yang perlu direncanakan dengan baik dan secara terperinci sehingga terbentuk model bisnis yang menjanjikan keuntungan.

Banyak pemula bisnis mengalami kesulitan dalam merencanakan sebuah model bisnis. Banyak aspek penting yang kadang terlewat dari perencanaan suatu model bisnis. Untuk menghindari hal ini dapat digunakan Business Model Canvas (BMC) yang diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder. BMC ini layaknya sebuah template untuk Business Model yang dapat membantu untuk berpikir secara terstruktur dalam menuangkan ide dan rencana bisnis sehingga mempermudah kita dalam membuat model bisnis yang baik. Dengan mengikuti pembelajaran mengenai BMC ini, diharapkan UC-Onliners dapat memahami kegunaan model bisnis yang baik, bagaimanakah cara membuatnya, serta dapat mempraktekkan secara langsung untuk digunakan dalam menjalankan bisnisnya.

Course Staff

Laura Mahendratta Tjahjono Dipl.-Inf.

Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA

Gamaliel Waney, S.T,MLAM

Silabus Kuliah

Garis Besar Program Pembelajaran “Business Model Canvas”

Referensi : Business Model Canvas, Alexander Osterwalder & Yves Pigneur, Wiley 2010, ISBN: 978-0-470-8764

Kompetensi/ Tujuan: Setelah mengikuti pembelajaran, UC-Onliners bisa memahami dan menggunakan Business Model Canvas untuk merencanakan dan membangun sebuah bisnis model

Persayaratan : Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa mengikuti kelas online “Business Model Canvas”

Beban pembelajaran : 4-6 jam / minggu

Week

Topik

Video

Title

1

Di Minggu pertama diperkenalkan mengenai pentingnya Busines Model dan dibahas secara singkat bagaimana membuatnya dengan menggunakan Business Model Canvas.

1

Why do we need BMC?

2

How useful is BMC ?

3

The 9 Blocks of BMC

4

Block 1 : Knowing Our Customer

             

 

2

Di minggu kedua dibahas lebih detail mengenai Block dalam BMC yang berhubungan dengan proses pada bagian penjualan.

5

Block 2 : What do we sell ?

6

Block 3 : Influence Buying Power

7

Block 4 : Customer Relationship

8

Block 5 : Revenue Stream

 

 

3

Di minggu ketiga dibahas lebih detail mengenai Block dalam BMC yang lebih banyak berhubungan dengan proses pada bagian produksi.

9

Block 6 : Business Resources

10

Block 7 : Business Activities

11

Block 8 : Choosing Partners

12

Block 9 : Cost Structure

 

 

4

Di minggu keempat dipraktekkan secara langsung bagaimana membuat BMC melalui studi kasus serta interview dengan pelaku bisnis yang mempersiapkan bisnisnya dengan menggunakan BMC.

13

Study Case : Cincau Station

14

User Experience : A Student Business

 

 

  1. Kelas Dimulai

    Aug 10, 2015
Enroll